Skip to main content

Vespa ngempos

vespa anda ngempos???
ngempos itu ntah sejak kapan di temukan tu kalimat,yang penting kita udah familiar dengan tu kalimat dan ngerti sama yang namanya ngempos...
 ngempos itu kalo menurut gue sii vespa kalo pas di tarik gas entah ngejut ato enggak tu mesin trasa kayak mundur atau malah gak naik samasekali.padahal itu posisi gak jalan alias netral.
pas kita tarik gas tu mesin gak respon langsung,padahal kita nariknya perlahan tapi tetep aja tu mesin gak greng, karbu udah bunyi ngook,minyak muncrat dari karbu,busi item, tapi suara knalpot kayak nahan.
 naa itu dari pengalam gue, 
jadi gini ceritanya,
pertama-tama tu vespa sehat2 wal afiat lahir batin,maklum belom ada sebulan tu mesin baru gue korter bahasa kerennya,kalo bahasa di tempat gue sih lemer ato apalah. 
na untuk minggu2 pertama tu vespa belum pernah gue bawa keluar lorong,mentok2 cuma buat beli pulsa or rokok itu juga gak sampe 1 km. naa pada saat malam itu terbersit hati ingin test drive tu motor di bawak ngaspal keliling kota pempek. yah,walhasil baru 4km udah ngejim ,padahal oli samping udah di katakan lebih dari cukup, tapi ya emang wajar sih, namanya juga inrayen. lebih dari 10x tu motor ngejim dan gue putusin buat di dorong step bahasa trennya. cari aman brooo. dari pada rayen gue gagal atau malah lebih fatal nantinya.
singkat cerita keesokan harinya gue tuker tu karbu dari 20-15 ke 20-20. . dan ternyata ituu penyakitnyaa...
pake karbu standar buat super ternyata keiritan. naaaa.. disini lah awal mula penyebab nya.. setelah gue ganti karbu,tu vespa makin garang tarikannya,tiap hari rasanya pengen gas terus tu vespa, 3 hari kemudian
tu vespa mulai terasa perbedaannya broooooo.... kompresi rada nurun,mulai sering mati busi.
tanpa basa basi gue beli busi baru dan langsung pasang,emang sekali selah langsung hidup. tapi hati gue gak cukup tenang saat itu,karena vespa mulai trasa berat saat gas di tarik. gak langsung treng,ada selipan bunyi ngoknyaa gituu.
gak tau kenapa gue langsung kepikiran kalo itu stelan platina gak pas,langsung ambil obeng dan stel tu platina. puter sana. puter sini. setel renggang .stel rapet. semua gak ngefek jooookk.. :D
mesin masih terasa berat. makin penasaran aje gue,langsung sore-sore tu juga gua bawa tu vespa buat cari tempat yang rada enak buat gas-gas vespa.maklum,kontrakan gue di lorong yang tetannganya resekk abis.
jadi waktu di ajak jalan tu motor teras kayak narik tongkang berisi batubara aja,berat pake  bangeeeetttttt.. kaya keong pokoknya,di gas gk mau nambah tenaganya,meskipun di tekan setengah kopling.setelah sampe tkp yang gue cek pertama ya tangki minyak. apa yang terjadi pemirsa????? bensin yang gue isi 10rb tadi geli-geli ajaa buat nempuh jarak yang gak sampe 5km jauhnya,disituu gue penasaran campur emosi campur susu campur alpokat. ehhhh..
ya pokoknya gituu. 
untung udah sampe tkp. gue minta belas kasihan dari temen gue sumbangan bensinnya satu botol oli 500ml. mayaan buat nyetel platina. 
jadi gue langsung lanjut setel tu platina,puter sana. puter sini. setel renggang .stel rapet. semua gak ngefek jugaaaaaaaaaaaaa.. haah. 2 jam berlalu tanpa perubahann. pada saat itu posisi gue lagi laper. tau sendiri kalo lagi laper tu emosi mudah banget naik. dari pada tambah berabe terpaksa gue nyerah,pas juga saat itu magrib tiba,gue ama temen gue mutusin pulang dengan gaya andalan. dorong step broooo :D. 
sampe kontrakan langsung masuk garasi dan istirahat,gak mau gue mikirin itu lagii.. buat pr besok lagi. konsen dulu ama skripsii :P
 esok paginya gue kepikiran,buat iseng-iseng ganti karbu 20-15 lagi,soalnya logika gue yang sudah-sudah kalo vespa gak mau di gas itu ya karena keborosan. Langsung utak-utik ganti karbu.kelar.. langsung engkol. Emang langsung hidup. Tes jalan eee gak ada perubahan,masih sama aja,berat buat di gas.. gue coba cek api di busi lumayan bagus,Rambo aja kejet-kejet kalo megang. Tapi tetep gue nekat setel lagi platina lagiiiiiiiii. Hasilnya tetep aja nihil.

Putus asa lagi gue,udah gak kuat mikir. Gue tinggal ke kamar mandi buat mikirin solusinya sambil buang hajat.
Kelar itu gue coba buka tutup deksel/silinder nya,kok bagian bawah antara deksel dan blok mesin ada oli… disituuuu pikiran gue mulai hiduup lagi. Tanpa piker panjang Gue langsung  buka tu deksel dengan kunci 11. Mungkin aja ini penyebabnya piker gue.
Dan pas udah kebuka ternyata emang disitu terlihat ada kebocoran ,jadi gue coba namabahin paking dari kertas bekas undangan aqiqah tetangga.
Lem.pasang.kencangkan dan langsung tes engkol…
Dan iniiiiiiii ternyata penyebabnya pemirsaaaaaaa.. ini yang udah buat gue kepikiran setengah hidup sampe ganggu skripsi gue..
Terjadi perubahan yang signifikan mulai dari selahannya yang padet,suara yang juga padet.
Semua pikiran capek gue sembuh seketika pas gue suruh temen gue tes jalan dan bilang MANTAP..
Dan disitu gue berpikir…
Segala sesuatu itu musti di periksa duluuuu. Jangan langsung vonis kalo rusak ini,kurang ini,kurang ituu. Namanya juga barang tua. Musti teliti.
Dan itulah singkat cerita gue berdasar pengalaman tentang ngemposnya vespa..
Intinya ya pertama kita cek dulu dari kerapatan karbu,lem jangan lupa.tambah paking bila perlu.
Kedua cek 4 baut blok deksel/silinder,ada kebocoran enggak.
Ketiga banyak-banyak bersabar dalam menangani masalah vespa.
Keempat jangan lupa makan dulu sebelum bongkar vespa.karena kalo lafaar otak kita gak bisa mikir solusinya. 

Sekian dari gue SALAM BUSI PECAH :D

Comments

  1. Rambo kejet kejet.... Hahaha Gilelu ndroo

    ReplyDelete
  2. tampungan bensin dikarbu vespa ...

    ReplyDelete
  3. Jadi intinya cuma harus bersihin deksel aja ni ya gan

    ReplyDelete
  4. Tulisannya enak dibaca....gaya bahasanya mengalir...

    Terimakasih telah berbagi ilmu dan pengalaman ...

    ReplyDelete
  5. Ini maksudnya deksel di karbu apa kop silinder head ?

    ReplyDelete
  6. Hal yg sama sedang terjadi saat ini sama gw, salah satu baut dexel longgar dan packing atas rada rembes dkit tiap habis gas bunyi ngiit,, lari juga agak naik turun

    ReplyDelete
  7. Kalo pas masuk gigi 4 tbtb motor mati itu kenapa ya bang kira kira? Mungkin abang punya pengalaman?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Beda Bajaj dan Piaggio

Kalian pada penasaran gak sama beda kedua jenis vespa tersebut?? Detailnya yang akan kita bahas adalah varian mesin Bajaj Deluxe dan Piaggio Super.  jujur gue dulu sebelum punya vespa penasaran setengah hidup. gue tanya sana sini pada gak tau,dan taunya sama-sama vespa gua penasaran karena pada saat itu ada temen nawariin ke gue vespa bajaj,tepatnya tipe Deluxe. kalo pikiran gue sih Bajaj itu yang buat angkutan di Jakarta itu Setelah gue mentok dan ambil keputusan buat beli vespa akhirnya gue ngajukan proposal ke bokap gue (maklum masih anak kuliahan.hehehe) setelah uang dikirim bokap gue langsung telpon temen gue yg mo jual vespa bajaj td,keesokan harinya dia dateng ke kontrakan gue dan langsung bawa tu vespa. gugup,deg-degan campur aduk pada saat itu, yang gue pikirin adalah gue takut salah pilih,maklum itu pertama kali gue beli vespa. tanpa basa-basi gue langsung

Apa itu SCOOTERIST?

Kali ini saya coba membahas apa yang temen-temen saya tanyakan,mereka sering bertanya apasih scooterist itu? jadi setelah saya coba bertanya dan berdasarkan yang saya ketahui. maka mengingat,menimbang dan memutuskan.. SCOOTERIST adalah sebutan untuk seseorang yang mengendarai atau pemilik vespa,dan itu bukan sekedar memiliki,melainkan scooterist itu lebih dikenal dengan MENJIWAI bukan sekedar MEMILIKI , dalam artian begini. semua orang memang bisa memiliki Vespa. tapi .. menjiwai itu belum tentu orang bisa. Karena Vespa itu memiliki motto " Satu Vespa Sejuta Saudara " yang berarti kudu ada rasa tenggang rasa antar sesama Vespa. banyak sekali saya menemukan para pengendara yang sekedar buat asyik2an, memang sih itu HAK mereka, tapi menurut gue, gak selamanya kalian di jalan itu selamanya mulus tanpa masalah sedikitpun. jadi jangan lah jadi arogan. soalnya di jalan itu be-ribuan kemungkinan kita mendapatkan masalah yang tentunya bisa saja kita tidak bisa menyelesaikanny