Skip to main content

cara bongkar mesin vespa

kali ini gue bakalan kasih tau cara bongkar mesin vespa. berhubung vespa gue super jd yg kita bahas mesin super. rapopo to?? :D
 ini buat para pemula yang pingin nyoba2 bongkar si semok kesayangannya.. apa salahnya coba2. toh motor kita sendiri .INGAT!! Cuma untuk pemula. bagi yang udah tau ya bukan brti gak boleh,.. hahahahahaha
soalnya kalo udah ahli mah gak perlu liat ginian. wkwkwkwk
 langsung aja ke TKP
pertama-tama jangan lupa makan bro,, karena ini pengaruh besar. kalo gak cukup dengan minum Aq**. karena butuh konnsentrasi :D

pertama buka penutup mesin dan segala macem




kedua ,berhubung kita mulai dari blok deksel so lepas baut knalpot,supaya blok bisa di tarik.


next buka ke-4 baut blok


tarik satu persatu head silinder, kemudian blok/silindernya.



keempat, kuras dulu oli di dalem mesin ente.lalu lepasin tali/seling gigi
buka baut mangkok gigi, lepasin tu mankok dari mesin


lepas dulu kipas magnet dkk.
lepas napur dari tempatnya



lanjut ke baut-baut mesin. lepasin kesebelasan baut tersebut..

dan mesin ente siap di buka 



ooo iya.. buat lebih enak lagi lepasin aja mesin dari bodi.
 pokoknya lepasin semua seling2/tali,seperti rem,kopling,gas,choke, dan kabel bodi.
setelah semua lepas.
buka baut sasis dan sok belakang.
mesin siap di pisahkan

lepas ban dkk.
pak rem dkk.

lanjut ke lepas kopling.
buka ketiga baut mangkok kolping.
siapin bekas rumahan kopling( kalo ada ), buat mempermudah soalnya..
lalu lepas baut kopling tersebut..


cabut kopling set dan as kruk ,

lalu lepas gigi set ,
mulai dari lepas gigi susun dengan cara dipukul. emang agak kasar kalo maen vespa ini.. hahahahaha

 lanjut lepas gigi borobudur/candi atau apalah, karena beda wilayah beda penyebutan.

terakhir lepas karburator dkk

mesin pun pretel brooo :D
Mudah bukan??????
siapa bilang susah

Jangan lupa check next post ya buat merakitnya cara-merakit-mesin-vespa

mudah-mudahan kalian ngerti ya .hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Beda Bajaj dan Piaggio

Kalian pada penasaran gak sama beda kedua jenis vespa tersebut?? Detailnya yang akan kita bahas adalah varian mesin Bajaj Deluxe dan Piaggio Super.  jujur gue dulu sebelum punya vespa penasaran setengah hidup. gue tanya sana sini pada gak tau,dan taunya sama-sama vespa gua penasaran karena pada saat itu ada temen nawariin ke gue vespa bajaj,tepatnya tipe Deluxe. kalo pikiran gue sih Bajaj itu yang buat angkutan di Jakarta itu Setelah gue mentok dan ambil keputusan buat beli vespa akhirnya gue ngajukan proposal ke bokap gue (maklum masih anak kuliahan.hehehe) setelah uang dikirim bokap gue langsung telpon temen gue yg mo jual vespa bajaj td,keesokan harinya dia dateng ke kontrakan gue dan langsung bawa tu vespa. gugup,deg-degan campur aduk pada saat itu, yang gue pikirin adalah gue takut salah pilih,maklum itu pertama kali gue beli vespa. tanpa basa-basi gue langsung

Vespa ngempos

vespa anda ngempos??? ngempos itu ntah sejak kapan di temukan tu kalimat,yang penting kita udah familiar dengan tu kalimat dan ngerti sama yang namanya ngempos...  ngempos itu kalo menurut gue sii vespa kalo pas di tarik gas entah ngejut ato enggak tu mesin trasa kayak mundur atau malah gak naik samasekali.padahal itu posisi gak jalan alias netral. pas kita tarik gas tu mesin gak respon langsung,padahal kita nariknya perlahan tapi tetep aja tu mesin gak greng, karbu udah bunyi ngook,minyak muncrat dari karbu,busi item, tapi suara knalpot kayak nahan.  naa itu dari pengalam gue,  jadi gini ceritanya,

Apa itu SCOOTERIST?

Kali ini saya coba membahas apa yang temen-temen saya tanyakan,mereka sering bertanya apasih scooterist itu? jadi setelah saya coba bertanya dan berdasarkan yang saya ketahui. maka mengingat,menimbang dan memutuskan.. SCOOTERIST adalah sebutan untuk seseorang yang mengendarai atau pemilik vespa,dan itu bukan sekedar memiliki,melainkan scooterist itu lebih dikenal dengan MENJIWAI bukan sekedar MEMILIKI , dalam artian begini. semua orang memang bisa memiliki Vespa. tapi .. menjiwai itu belum tentu orang bisa. Karena Vespa itu memiliki motto " Satu Vespa Sejuta Saudara " yang berarti kudu ada rasa tenggang rasa antar sesama Vespa. banyak sekali saya menemukan para pengendara yang sekedar buat asyik2an, memang sih itu HAK mereka, tapi menurut gue, gak selamanya kalian di jalan itu selamanya mulus tanpa masalah sedikitpun. jadi jangan lah jadi arogan. soalnya di jalan itu be-ribuan kemungkinan kita mendapatkan masalah yang tentunya bisa saja kita tidak bisa menyelesaikanny